Cara Ganti Oli Motor Yang Benar

Halo pembaca, apakah motormu dalam kondisi baik ? Saya harap motor anda tetap dalam keadaan sehat tanpa ada kendala. Sehingga aktivitas anda tetap berjalan dengan lancar.

Cara Ganti Oli Motor Yang Benar

Sebelum memulai membaca, saya mau bertanya lebih dulu kepada anda. Apakah Motor Anda Sudah Ganti Oli ? Pastinya belum, kalau sudah pasti anda tidak akan pernah mencari artikel seperti ini ya kan ya.

Biasanya alasan yang muncul pertama kali untuk mencari tahu kenapa harus ganti oli motor yaitu dengan rasa penasaran dalam hati yang ingin bertanya kepada orang lain tapi males takut jawabannya akurat alhasil mencari di google.

Setelah itu di tulis deh di kotak pencari, berapa km ganti oli motor?

Karena kami ingin menjawab pertanyaan itu jadi simak dengan benar artikel ini sampai selesai.

KiloMeter (km) bukan menjadi patokan anda harus mengganti oli mesin motor anda tapi karena kita sudah tersugesti dengan itu jadinya kita berpatokan pada km untuk mengganti oli.

Sebenarnya tidak salah jika memang anda berpatokan pada km untuk mengganti oli.

Disamping itu kita coba berfikir pakai logika, jika motor anda menyala tapi tidak dijalankan apakah kilometer berubah ? Tentu tidak, jika berubah berarti motor anda mengalami eror atau andanya yang eror hehe kiding bouskuh.

Memangnya anda setiap pagi atau setiap mau pergi, nyalakan motor terus langsung jalan ?

Tentu tidak, dan pastinya anda butuh beberapa menit waktu untuk memanaskan motor sebelum motor dibawa jalan.

Jadi jangan mengutamakan km sebagai patokan anda untuk ganti oli motor.

Tapi jika memang anda masih berpatokan dengan km, maka anda harus ganti oli motor setiap 2000 - 4000 km.

Terus ada juga yang bertanya ciri-ciri motor harus ganti oli seperti apa sih min ?

Oke kita jawab lagi pertanyaan yang satu ini.

Mesin terasa panas, jika anda telat dalam melakukan pergantian oli mesin motor maka anda akan merasakan hawa yang sangat panas dari motor anda, meski melakukan perjalanan dalam jarak yang dekat.

Tarikan motor berasa boyo, motor anda akan terasa sangat lemah alias tidak berasa tarikannya saat di gas kencang. Akan tetapi ini opsional bisa juga terjadi pada bagian lain yang menyebabkan itu, misalnya karburator yang kotor, filter angin yang kotor dan masih banyak hal lainnya yang menyebabkan tarikan motor menjadi loyo.

Terasa tidak enak saat oper gigi, ini khusus motor bukan matic. Ketika oli sudah harus diganti maka disini juga akan terasa menjadi tidak enak saat ingin mengoper gigi. Tapi ada juga beberapa hal yang menyebabkan itu bisa terjadi dan bukan pula menjadi patokan untuk ganti oli.

Inilah waktu yang tepat untuk mengganti oli motor anda.

Karakter motor anda adalah tipe pekerja keras alias terus menyala dan melakukan perjalanan setiap hari dari pagi sampai sore bahkan sampai malam. Kita ambil contoh ojek online, maka kita harus mengganti oli motor setiap 2 minggu sekali.

Tapi masih ada yang ngeyel, kan olinya masih tetap bagus min ? Sayang kali kalau harus ganti oli dalam jangka waktu tersebut.

Mau ikutin cara yang kami berikan atau tidak itu terserah pada diri anda. Dan kenapa kami katakan seperti itu.

Motor yang tipenya pekerja keras harus menyala dalam waktu yang lama, dalam waktu tersebut ada beberapa kali melewati jalan yang macet dan tentunya membuat motor menjadi tidak stabil. Makanya sebelum terjadi sesuatu pada motor anda yang tipenya pekerja keras sebaiknya mengikuti saran yang kami berikan.

Jika motor anda hanya digunakan untuk pulang pergi kantor saja bisa anda lakukan pergantian oli antara 3 atau 4 minggu sekali.

Dan jika jarak antara kantor dengan rumah memerlukan waktu yang lama alias jauh dan sering melewati macet ada baiknya anda ganti oli motor 3 minggu sekali.

Dan yang terakhir jika motor anda hanya digunakan untuk pergi dengan jarak yang dekat-dekat maka anda bisa ganti oli motor dengan jangka waktu 40-50 hari sekali. Contohnya jika motor hanya dipakai pagi hari untuk pergi ke pasar yang jaraknya hanya 1km saja.

Sekarang sudah tahu cara ganti oli motor yang benar, selanjutnya tinggal bagaimana anda merawat motor kesayangan anda dengan cara mengenali karakter motor anda. Jadi jangan cuma pakai saja tapi tidak mengerti perawatannya. Dan semoga dengan adanya tulisan ini, anda yang tidak mengerti jadi tambah tahu.